Rabu, 24 November 2010

Promotional Mix

PENDAHULUAN


Dalam pemasaran ada yang disebut marketing mix / bauran pemasaran. Ada 4 macam, yaitu :
  1. Produk
  2. Price
  3. Place
  4. Promotion
Promotion Mix ada 4, yaitu :
  1. Publisitas yaitu memberikan gambaran tentang manfaat dan kelebihan produk
  2. Personal Selling yaitu promosi dari rumah ke rumah
  3. Periklanan yaitu pemberian informasi mengenai diskon / sale
  4. Promosi Penjualan yaitu pemberian potongan penjualan

PEMBAHASAN


Material adalah toko yang menjual berbagai kebutuhan alat dan bahan bangunan seperti palu, paku, genting, pasir, dll. Toko material yang dimiliki Bapak H. Lutfi Alkhatiri yang beralamat di jalan Salemba Tengah / 65B Telp. 3153905 Jakarta Pusat memiliki 9 orang karyawan. Karyawan-karyawan Pa Lutfi bekerja setiap hari senin sampai jum'at dari pukul 08.00 am sampai 04.00 pm sedangkan hari sabtu dari pukul 08.00 am sampai pukul 12.00 pm dan hari minggu libur.

Di toko material ini, pembelian bisa dilakukan secara kredit namun ada batas waktu yang ditentukan, yaitu sekitar 2 minggu, dan bila pembelian dilakukan secara tunai atau selambat-lambatnya 3 hari pembayaran maka akan diberi diskon sebesar 10%.


PENUTUP


Dilakukannya promotion mix dengan cara promosi penjualan bertujuan untuk meningkatkan jumlah konsumen dan meningkatnya keuntungan setiap penjualan alat dan bahab bangunan tersebut. Promosi yang dilakukan pada konsumen agar konsumen lebih ringan dalam hal pembayaran.

SUMBER


Bapak H. Lutfi Alkhatiri
Dosen pengantar bisnis, Ibu Widyatmini